Minggu, 15 Juni 2008

Festival layangan ..2008

Layang-Layang Beb

Pengurus Daerah Pelayang Indonesia (PELANGI) Bali akan menggelar Lomba Layang-layang Bali dari tanggal 10 sampai dengan selesai pada bulan Juli 2008 dengan mengambil lokasi lomba di lingkungan pantai Padang-Galak, Denpasar-Timur.

Lomba Layang-layang Bali kali ini akan mengundang pula pelayang-layang dari beberapa daerah di Indonesia dan mancanegara seperti Jepang, Malaysia, Australia, Perancis dan Selandia Baru. Lomba Layang-layang tahun ini tetap akan melombakan jenis layangan tradisional seperti jenis: Bebean, Pecukan, Janggan, dan layang-layang Kreasi Baru dengan persyaratan sama seperti tahun lalu dengan hadiah berupa uang serta trophy

Dengan adanya event ini setiap pemuda banjar membuat beberapa layangan yg akan di lombakan , karena lomba layang layang di bali sudah menjadi tradisi yg di adakan setiap tahun.

Dan menurut cerita orang tua kita dulu , layangan yg akan kita terbangkan harus kita beri sesajen atau banten dan di persembahkan kepada sahyang rare angon supaya beliau bisa memberikan angin yg begitu bagus untuk layangan yg akan di lombakan.

Dan dari lomba layangan yg selalu di gelar tiap tahun peserta tidak mengejar hadiah yg akan mendapat juara 1 namun kesenangan muda mudi yg akan berlomba dg menarik layangan tidak bisa di lukiskan dengan kata - kata.

Karena ini sudah menjadi tradisi yg tidak boleh di tinggalkan begitu saja ,karena adat dan budaya orang bali selalu indentik dengan kedamain ,kesejahtraan dan ketemtraman.

Bukan hanya layangan yg di lombakan ada beberapa jenis baling - baling ( Pinekan) yg terbuat dari kayu bila terkena angin yg sangat keras dia akan berputar kencang dan menimbulkan bunyi yg sangat indah di dengar dan semua itu juga berhubungan dg tradisi bali.

Ada satu juga yg ikut di lombakan yaitu petakut yg sering di pasang di sawah untuk menghalau burung bila pada musim panen padi tersebut.

Petakut terbuat dari rumput ilalang yg kering ,kemudian di bentuk berupa manusia kemudian boneka petakut tersebut di letakkan di sawah , supaya bila ada burung yg datang..mereka mengira bahwa itu adalah manusia.

Masyarakat Bali sangat Antusias Menyambut Adanya ,, Pesta Kesenian Bali,,

June 15th, 2008

Presiden melepas anak panah sebagai tanda dimulainya Pesta Kesenian Bali, Sabtu (17/6). (foto: anung/presidensby.info) Presiden melepas anak panah sebagai tanda dimulainya Pesta Kesenian Bali

Pada tgl 17 - 06 - 2008 ( sabtu ), Presiden RI kita membuka di mulainya acara ,, pesta kesenian bali ,, yg ke 30 dg Melepas anak panah dan Memukul sebuah kentongan atau yg lazim kalau di bali sebut ,, Kulkul,,yg terbuat dari kayu nangka kemudian di sucikan supaya nialai spirit terasa hidup dalam nialai filosopi Kulkul tersebut.

Dengan di mulai nya pemukulan kentongan tersebut bahwa PKB Ke 30 resmi di buka dan diresmikan oleh presiden untuk Masyarakat indonesia khususnya Bali.

Dalam isi acara yg di adakan dalam pesta kesenian bali…anda sebagai pengunjung bisa mengakses lewat situs resminya Pemerintah propinsi bali :http://www.baliprov.go.id

Pada hari pertama pembukaan saya mencoba datang untuk melihat secara langsung selain acara pertunjukan yg sudah tersusun oleh panitia PKB..ternyata di sana juga berlansungnya bisnis berupa pasar malam yg seperti kalau kita cermati pasar atau stand yg di tempati oleh pedagang yg menjual dari makanan sampai pakaian dan asesoris lainya.

Saking banyak nya penjual rasanya kita berjalan sangat pelan karena pengunjung yg datang sangat banyak apalagi pada hari itu hari sabtu dan malam minggu.

Tapi bagi yg senang dg pertunjunkan klasik bali seperti tarian - tarian dan yg lain lain..lebih bagusnya anda harus datang lebih awal karena semakin malam yg berkunjung semakin banyak.

Dalam pembukaan acara tersebut di tempat kan di depan ,, Menumen bajra sandi yg lokasinya di depan lapangan renon denpasar.

Dg di ikuti oleh perwakilan daerah masing - masing…dan juga ada perwakilan dari mancanegara yg ikut berpartisipasi dalam event kesenian bali kali ini.

Sekian sekitar imfo dan ulasan dari saya sebagai masyarakat Bali yg memulai bisnis lewat dunia Maya dan semoga imformasi ini bisa membuat anda yg membacanya merasa tertarik.

Salam : Bli Made / Elvys

Tidak ada komentar: